SHARE

Semakin bertumbuh besar, aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak pun semakin banyak pula. Sehingga hal ini juga membuatnya cukup beresiko terserang kuman maupun bakteri dan virus yang dapat mengganggu kesehatan anak pada usia dini dan usia anak sekolah.

Maka dari itu, ayah dan ibu perlu mengajak sekaligus mengajarkan pada anak sejak dini agar senantiasa membiasakan untuk hidup sehat.

Anda bisa memulai dari kegiatan yang sangat kecil, contohnya adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Langkah kecil ini sangat berpengaruh besar untuk dapat menjaga kesehatan si kecil dari serangan kuman penyebab penyakit.

Kesehatan Anak Usia Dini & Anak Sekolah Langkah Mengajak Anak Cuci Tangan

Nah, yang menjadi kendala kebanyakan orang tua adalah si kecil yang kerap kali rewel untuk diajak membiasakan hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan ini. Keasyikan bermain yang menjadi kegiatan kebanyakan anak kecil membuatnya sering kali tidak mempedulikan kebersihan tanggannya.

 

Jika anda adalah salah satu orang tua yang mempunyai anak dan ternyata sulit untuk diajak membiasakan cuci tangan demi menjaga kesehatannya, maka anda perlu mensiasati dengan langkah-langkah yang seru dan mengasyikan bagi si kecil.

Cobalah terlebih dahulu mengajarkan bagaimana pentingnya menjaga kesehatan anak dengan dimulai dari langkah kecil seperti mencuci tangan, berikan pengetahuan bahwa kesehatan bisa didapatkan oleh si kecil dengan kebiasaan bersih.

Lalu cara lainnya anda bisa membuat suasana mencuci tangan lebih menyenangkan semisal saja membuat tempat tisu di dekat wastafel dengan karakter tokoh yang disukai oleh anak. Bisa juga dengan menggunakan sabun cuci tangan yang punya warna menarik.

Namun jangan lupakan untuk tetap memilih sabun cuci tangan terbaik seperti Lifebuoy untuk hasil maksimal mengangkat kuman di tangan.

Lifebuoy bahkan juga punya beraneka macam jenis sabun cuci tangan dengan wadah yang unik, warna yang menarik dan tentunya dengan formulasi berbeda serta jelas yang terbaik untuk menjaga kesehatan anak usia dini dan sekolah maupun kesehatan semua anggota keluarga.
Tips lainnya yang bisa anda lakukan agar anak bisa dengan mudah membiasakan diri mencuci tangan untuk menjaga kesehatanya adalah selingi dengan kegiatan yang menyenangkan.

Cuci tangan yang benar perlu dilakukan paling tidak selama 20 detik karena perlu untuk menggosok semua bagian dari tangan mulai telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari sampai juga kuku.

Ini yang biasanya membuat anak bosan. Anda bisa mensiasati dengan ikut untuk mencuci tangan bersama anak. Anda juga bisa mengajaknya mengobrol sembari mengajarkan cuci tangan yang benar dengan menggosokkan sabun ke semua bagian tangannya. Bisa juga dengan diselingi bernyanyi bersama.

 

Cuci Tangan, Langkah Kecil yang Sangat Bermanfaat Besar Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Cuci Tangan, Langkah Kecil yang Sangat Bermanfaat Besar Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Anak-anak yang sudah mulai mempunyai aktivitas yang banyak tidak boleh ketinggalan untuk selalu diperhatikan kesehatannya oleh kedua orang tuannya.

Pada usianya tersebut anak-anak cukup rentan terserang penyakit jika kebiasaan sehat tidak dapat diterpkan. Nah, kebiasaan sehat yang paling sederhana untuk dilakukan namun sangat berpengaruh besar untuk menjaga kesehatan anak adalah mencuci tangan secara baik dan benar.

Sebagian orang memang menganggap remeh mencuci tangan karena dipikir ini adalah kegiatan yang sangat sederhana.

Padahal, mencuci tangan adalah langkah yang ampuh untuk mencegah diri dari serangan kuman maupun bakteri penyebab penyakit seperti contohnya sakit influenza, diare, ataupun demam.

Oleh sebab itu, mengingat bahwa anak-anak punya daya tahan tubuh yang tidak lebih baik dari orang dewasa sehingga ia pun cukup rentan terserang penyakit, maka ibu dan ayah perlu untuk senantiasa mengajarkan pada si kecil untuk rutin mencuci tangannya pada berbagai waktu, seperti sebelum dan sesudah makan, setelah menutup hidung atauun mulut saat bersin atau batuk, setelah beraktivitas dari keluar rumah, setelah dari toilet dan setelah beraktivitas yang kiranya membuat tangan kotor.

 

Kadang kala yang menjadi kendala adalah rasa malas yang ada pada diri si kecil. Nah, ini bisa anda atasi dengan mencontohkan terlebih dahulu pada anak. Anda sebagai orang tua perlu memberi contoh bahwa anda juga rajin mencuci tangan. Berikan perngertian tentang pentingnya mencuci tangan untuk menjaga kesehatan anak.

Kemudian ajak sekaligus ajarkan cara mencuci tangan yang benar. Mulai dari membasahi tangan menggunakan air mengalir, kemudian menggunakan sabun anti bakteri terbaik seperti Lifebuoy, berlanjut dengan menggosok-gosok telapak tangan lalu beralih ke semua bagian tan, tak terkecuali punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku.

Ajarkan pada anak agar tidak terburu untuk membersihkan tangannya. Paling tidak sediakan 20 detik untuk mencuci tangan secara baik dan benar. Baru setelah itu busa sabun yang ada di tangan, bilas memakai air bersih mengalir dan lap memakai tisu hingga kering.

 

Apabila kebiasaan sehat ini terus dapat dilakukan dengan baik oleh anak, mak kesehatan anak juga bisa lebih dijaga dengan baik. Contohnya saja seperti makan. Makanan yang sehat bisa jadi tidak sehat apabila tangan yang merupakan media masuknya makanan ke dalam mulut ternyata kebersihannya tidak terjaga. Nah, langkah kecil untuk mengatasi ini tidaklah lain adalah cuci tangan.

Baca Juga : http://rapflava.com/tips-memilih-makanan-sehat-untuk-diet

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY