SHARE

Banyak orang yang mengabaikan bacaan doa sesudah solat, padahal berdoa merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta. Solat merupakan suatu kewajiban umat Muslim yang jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Maka dari itu, sebagai orang Muslim jangan pernah lupa atau meninggalkan solat 5 waktu. Disamping mengerjakan solat, kita tentu harus berdoa sebagai hamba Allah untuk meminta keberkahan dan rahmat Allah dengan mengucapkan doa setelah solat.

Perintah mengerjakan solat itu sendiri sudah banyak diterangkan dalam berbagai surat Al-Quran. Seperti kita ketahui, sholat wajib terdiri dari 5 waktu, diantaranya solat Maghrib 3 rokaat, Isya 4 rokaat, Subuh 2 rokaat, Dzhuhur 4 rakaat dan Ashar 4 rakaat. Mengerjakan solat tentunya menjauhkan diri kita dari perbuatan maksiat, terlebih lagi jika Anda selalu mengamalkan doa sesudah solat. Mengucapkan doa yang dilakukan setelah solat, tentu mendekatkan diri pada Allah SWT.

Hukum Doa Sesudah Solat

Hukum mengucapkan doa sesudah solat fardhu sebenarnya sudah dianjurkan sebab sudah dijelaskan menurut hadist Rasulullah SAW HR Abu Daud yang didalamnya menyatakan bahwa Rasulullah menganjurkan kita untuk membacakan doa setelah solat wajib 3 waktu untuk bersyukur, berdzikir dan memperkuat ibadah kita. Dengan begitu doa yang dibacakan sehabis sholat hukumnya adalah sunnah. Berdoa berarti meminta dan memohon hanya kepada Sang Khalik yakni Allah SWT. Dimana waktu paling mustajab memanjatkan doa adalah sesudah solat fardhu.

Keistimewaan Doa Setelah Solat Fardhu

Keistimewaan membaca doa sehabis sholat wajib 5 waktu memang sangat banyak sebab berdoa adalah ibadah atau bisa dikatakan sebagai inti dari ibadah kepada Allah SWT. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam berbagai hadis dan ayat Al-Quran. Adapun salah satu bacaan doa yang diamalkan setelah salat yaitu berbunyi:

“Robbanagh firlanaa dzunuubanaa wa liwaalidinaa walimasyayikhinaa wa limu’alli miena wa liman lahuu haqqun alain aawalim an ahabba waahsana ilaina wa likaaffatil mus limun aj’main.” Yang artinya: Ampunilah segala dosa-dosa yang kami perbuat, dosa orang tua, dan para sesepuh kami juga dosa guru kami, dosa orang yang memiliki hak terhadap kami beserta orang yang telah berbuat baik dan cinta kepada kami beserta seluruh umat Muslim.

Salah satu bacaan doa sesudah solat tersebut bisa diamalkan setelah melaksanakan solat wajib 5 waktu. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY