SHARE

Doa Nabi Adam untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Nabi Adam AS merupakan Nabi pertama yang pertama kali diciptakan dan datang ke bumi. Kisah Nabi Adam dan juga Siti Hawa tentu selalu membuat kita penasaran. Allah SWT telah menempatkan keduanya di surga serta memerintahkan Nabi Adam dan Siti Hawa supaya tak memakan biji atau buah tertentu. Akan tetapi, karena setan sudah menggodanya maka mereka berdua pun memakan buah tersebut dan mendapatkan bencana. Dari situlah doa Nabi Adam dan Siti Hawa dipanjatkan untuk memohon ampunan.

Amalan Doa Nabi Adam dan Siti Hawa

Ketika Nabi Adam dan Siti Hawa memakan buah tersebut, Allah pun berfirman, “Bukankah aku sudah melarang kalian berdua untuk mendekati dan memakan buah itu dan telah Aku katakan bahwa sesungguhnya setan merupakan musuh yang begitu nyata untuk kamu berdua?” Saat itulah, dipanjatkan doa Nabi Adam untuk bertaubat bersama Siti Hawa. Adapun doa tersebut berbunyi “Robbana zholamna anfusana waillam raghfirlanaa waatarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin”.

Adapun arti dari doa amalan Nabi Adam tersebut memiliki arti meminta ampunan kepada Allah SWT karena sudah menzhalimi diri sendiri. DOA Nabi Adam itu sendiri sudah terkandung pada Al Quran Al-Araf 23. Ungkapan doa Nabi Adam tersebut sebagai ungkapan atas rasa bersalah kepada Allah SWT dari Nabi Adam karena telah melanggar semua larangan Allah SWT. Akibat pelanggaran tersebut, akhirnya Nabi Adam pun dipisahkan dari sang istri yakni Siti Hawa hingga 300 tahunan.

Penjelasan Doa Nabi Adam

Karena merasa bersalah dan berdosa, Nabi Adam pun terus melakukan pengakuan dosa terhadap semua kesalahan yang pernah dibuatnya. Adapun hal tersebut terjadi karena ketidakmampuan Adam dalam menghadapi rayuan iblis untuk mengajak mereka kepada kesesatan. Setelah Allah menerima semua pengakuan dosa dari Nabi Adam dan Siti Hawa, maka Nabi Adam pun diingatkan untuk selalu mengikuti segala petunjuk Allah SWT, hingga akhirnya dipertemukan kembali bersama siti Hawa melalui doa Nabi Adam yang dipanjatkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY