SHARE

Wudhu adalah hal yang wajib untuk dilakukan (apabila mampu) sebelum seorang Muslim baik laki-laki maupun perempuan hendak menunaikan ibadah salat. Wudhu atau bersuci ini memiliki tujuan untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Wudhu memiliki tuntunan atau tata cara yang harus dilakukan secara berurutan, disamping mengucapkan doa sebelum wudhu. Wudhu merupakan cara bersuci dengan menggunakan air yang suci, dalam situasi mendesak wudhu bisa digantikan dengan bertayamum, yaitu bersuci menggunakan debu.

Berdoa Sebelum Wudhu dan Sesudah Wudhu Sebagai Bagian Dari Tata Cara Wudhu

Tata cara berwudhu diawali dengan mengucapkan basmallah yang dilakukan sambil mencuci tangan sampai pergelangan tangan hingga bersih. Setelah mencuci kedua tangan, dilanjutkan dengan berkumur tiga kali untuk membersihkan gigi dan mulut. Kemudian tata cara wudhu dilanjutkan dengan mencuci kedua lubang hidung sebanyak tiga kali. Setelah itu cucilah wajah tiga kali. Pada saat itulah kita melafalkan doa sebelum wudhu atau doa niat wudhu, yatiu “nawaitul wudluu-a liraf’il hadatsil asghari fardlan lillaahi ta’ala”

Tata cara wudhu berikutnya setelah melafalkan doa sebelum wudhu adalah mencuci kedua sampai siku. Dilanjutkan dengan mencuci sebagian rambut atau ubun-ubun kepala sampai tiga kali lalu kedua belah telinga secara bergantian. Terakhir adalah membasuh kedua kaki sampai dengan mata kaki. Wudhu kemudian ditutup dengan doa sesudah wudhu. Tata cara wudhu harus dilakukan secara berurutan, tidak boleh yang satu mendahului yang lain. Sementara doa wudhu cukup dilafalkan di dalam hati atau diucapkan dalam nada lirih.

Belajar Doa Sebelum Wudhu dan Tata Cara Wudhu Sejak Dini

Sebagai umat Muslim, menunaikan salat adalah rukun Islam yang wajib hukumnya. Sayarat sahnya salat adalah suci. Wudhu adalah jalan untuk mensucikan diri. Karena itu selain menuntun anak-anak dan keluarga untuk beribadah, penting bagi kita untuk memberi contoh tata cara wudu yang benar lengkap dengan doa sebelum wudhu dan sesudah wudhu. Wudhu hanya bisa mensucikan kotoran atau hadast namun tidak bisa mensucikan diri ketika terkena najis. Jadi sebelum sholat bersihkan diri Anda terlebih dahulu dari najis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY