SHARE

Anak adalah titipan Tuhan. Membiasakan hal-hal yang baik, menanamkan pemahaman yang baik kepada anak harus diupayakan sejak dini oleh orangtua dan masyarakat. Salah satu contoh kebiasaan yang baik adalah mencuci atau membersihkan tangan, lalu mengamalkan doa sebelum makan. Hal ini mungkin adalah hal biasa yang sepele. Namun menanamkan kebiasaan berdoa dan membersihkan diri sebelum makan sesungguhnya memiliki banyak sekali manfaat.

Berdoa Sebelum Makan, Membiasakan Anak Mensyukuri Nikmat Tuhan

Doa sebelum makan secara khusus memohon kepada Tuhan untuk memberkati nikmat Tuhan yang telah dilimpahkan melalui hidangan yang tersaji, dimana semua itu adalah rezeki dari Tuhan. Tidak hanya itu, doa tersebut juga memohon agar kita yang hendak makan/minum dipelihara atau dilindungi dari siksa api neraka. Kita bisa memberikan pemahaman melalui makna yang tersirat, bahwa apa yang kita konsumsi adalah pemberian Tuhan. Kita berharap apa yang makanan/minuman tersebut juga diberkati Tuhan. Diberkati bisa berarti menjadi manfaat atau kebaikan, bukan keburukan.

Konsep Makanan Yang Diberkati Dalam Doa Sebelum Makan

Makanan yang tidak diberkati bisa menjadi makanan yang buruk, mubazir, menimbulkan masalah dalam tubuh, dalam pikiran dan memiliki efek sosial. Makanan yang baik bukan hanya yang dibolehkan atau dihalalkan oleh agama, tetapi juga berasal dari sumber yang baik. Didapatkan dengan cara-cara yang terpuji, bukan dari mencuri, korupsi atau sesuatu yang bukan haknya. Makanan tersebut pun sebaiknya bisa memelihara kita dari api neraka karena kita membaca doa sebelum makan, bukan sebaliknya. Konsep makanan yang diberkahi dalam doa makan karenanya luas, meliputi aspek sosial dan hukum.

Doa sebelum makan karenanya penting untuk dimaknai sebagai cara kita untuk senantiasa mengingat dan memohon kepada Tuhan untuk menjaga kebaikan dan keberkahan dalam makanan kita. Anak-anak sebaiknya sejak dini mengerti bukan hanya tentang yang halal dan baik, tetapi juga tentang aspek-aspek lain seperti pengetahuan dari mana dan bagaimana makanan tersebut sampai ke meja kita. Berdoa sebelum makan, akhirnya tidak sekedar bagian dari ritual. Namun merupakan bentuk syukur dan cara pandang kita terhadap kebaikan Tuhan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY