Salah satu tujuan pernikahan adalah memperoleh keturunan. Dengan hadirnya anak ditengah keluarga, kebahagiaan terasa lebih lengkap. Tetapi tidak semua pasangan dapat memiliki buah hati dengan mudah. Bertahun-tahun mengarungi bahtera rumah tangga, momongan yang diharapkan tidak juga lahir. Tidak hanya manusia biasa, Nabi dan Rasul-pun ada yang sulit mendapatkan keturunan. Nabi Zakaria a.s adalah salah satunya. Karena itu, doa Nabi Zakaria untuk memohon keturunan selalu dipanjatkan. Bahkan ketika usia beliau sudah menginjak senja.

Doa Nabi Zakaria Memohon Keturunan

Nabi Zakaria a.s memiliki istri yang mandul. Ketika usia beliau semakin tua, kekhawatiran muncul karena tidak adanya keturunan yang akan menjalankan urusan-urusannya. Karena itu beliau berdo’a seperti pada Surat Ali ‘Imran ayat 38, yang bunyinya:

Baca :   Manfaat Doa Sesudah Sholat Fardhu Lengkap

Doa Nabi Zakaria tersebut merupakan permohonan agar Allah S.W.T menganugerahkan seorang anak dengan akhlak yang baik. Doa Nabi Zakaria untuk mendapatkan keturunan tersebut ternyata dikabulkan dan lahirlah seorang putra beliau yaitu nabi Yahya a.s.

Doa Nabi Zakaria Memohon Anak Dan Usaha Yang Bisa Dilakukan

Doa Nabi Zakaria dalam Al-Qur’an selayaknya dibaca setiap setelah sholat. Selain doa Nabi Zakaria, usaha keras juga harus dilakukan. Berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi salah satunya. Dokter akan membantu mendiagnosa masalah yang mungkin ada pada pihak suami maupun istri. Kemudian dokter akan menyarankan pengobatan yang paling tepat. Selain itu, kondisi mental suami istri juga akan sangat menentukan keberhasilan sebuah program kehamilan. Pasutri selayaknya berada pada kondisi tenang, senang dan rileks agar kehamilan yang sehat dapat segera terwujud.

Baca :   Keistimewaan dan Hukum Doa Sesudah Solat Fardhu

Usaha dan doa memang harus dilakukan secara beriringan dalam usaha memperoleh keturunan. Doa nabi Zakaria harus dipanjatkan dengan penuh keyakinan dan kepasrahan. Usaha yang dilakukan harus dilandasi dengan rasa tawakkal kepada Allah S.W.T. Bagaimanapun, Allah akan memberikan anak kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan tidak memberikan anak kepada siapa yang dikehendaki-Nya juga. Kita harus ikhlas dengan segala ketetapan-Nya dan tetap optimis dengan kasih sayang yang selalu Allah curahkan kepada kita.

Baca :   Cara Mudah Berbelanja Online Busana Muslim

flava

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*