SHARE

Membiasakan anak-anak berdoa sebaiknya dilakukan sejak dini. Doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa hendak makan, doa hendak bepergian, dan masih banyak lagi doa-doa lainnya adalah doa-doa yang bisa dibiasakan sejak anak-anak. Kebiasaan berdoa bukan hanya sebatas pada tuntunan ibadah yang meneladani kebiasaan Para Nabi. Lebih dari itu, kebiasaan berdoa melatih anak-anak untuk menghayati agamanya serta memahami posisi dan peranannya sebagai mahkluk Tuhan. Kebiasaan berdoa sebaiknya juga diiringi dengan kebiasaan baik lainnya.

Agar Doa Sebelum Tidur Cepat dan Mudah Dipahami Anak

Berdoa bukan sekedar hafalan di mulut yang tidak memiliki makna. Jika Anda ingin anak Anda cepat terbiasa dengan doa menjelang tidur, upayakan melakukannya dalam dua bahasa, yaitu doa itu sendiri dalam bahasa Arab, serta arti doa dalam bahasa ibu. Bahasa Ibu berarti bisa bahasa Indonesia, atau bahasa daerah setempat yang mudah dipahami oleh anak. Dengan demikian anak memahami konten dan konteks doa sebelum tidur tersebut. Doa hendak tidur sendiri memiliki makna yang dalam, yaitu penyerahan diri dan permohonan keselamatan sepenuhnya kepada Tuhan.

Kedua, biasakanlah mengiringi atau mengawali doa sebelum tidur dengan kegiatan lain ketika akan tidur, yaitu kegiatan membersihkan diri dan membersihkan tempat tidur. Cobalah, sebelum tidur anak diajak bersama-sama membersihkan diri, mencuci kaki dan tangan serta wajahnya, lalu menggosok gigi. Kemudian bantulah anak membersihkan tempat tidurnya, merapikan sprei dan mainannya. Agar saat tidur anak nyaman dan aman. Mematikan lampu juga baik dilakukan supaya anak bisa beristirahat optimal.

Manfaat Membiasakan Doa Sebelum Tidur Pada Anak

Berdoa sebelum tidur yang diiringi dengan aktivitas membersihkan diri dan tempat tidurnya sangat bermanfaat. Apalagi ketika anak memahami konteks dan makna doa yang dilafalkan. Doa sebelum tidur memilki makna penyerahan diri dan permohonan keselamatan dan perlindungan penuh kepada Tuhan. Sementara kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur merupakan sebuah usaha untuk membersihkan diri demi keselamatan dan kesehatan pribadi. Dengan demikian, anak-anak memahami bahwa usaha membersihkan diri adalah ikhtiar, sementara doa sebelum tidur menyempurnakan ikhtiar kita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY