Kisah Nabi Nuh a.s yang membuat bahtera raksasa untuk menyelamatkan umatnya dari hujan badai dapat kita baca dalam Al-Qur’an. Doa Nabi Nuh untuk memohon keselamatan juga dapat kita temukan dalam QS Nuh ayat 28. Dalam doa tersebut Nabi Nuh memohon ampun atas kesalahan yang Beliau perbuat serta kesalahan Ibu Bapak Beliau dan orang-orang yang beriman. Doa tersebut seperti halnya doa doa Nabi Yunus menjadi doa yang dikabulkan oleh Allah S.W.T. Kita pun tentu ingin agar doa yang dipanjatkan dapat terkabul.

Baca :   Doa Nabi Ibrahim Paling Mustajab Saat Dibakar Oleh Raja Namrud

Sebab-Sebab Zhahir Terkabulnya Doa Nabi Nuh

Agar sebuah doa dikabulkan seperti doa Nabi Nuh, maka sebab-sebab zhahir terkabulnya doa harus dilaksanakan. Sebab-sebab tersebut diantaranya adalah amalan-amalan shalih yang dilakukan sebelum berdoa. Amalan tersebut dapat berupa shalat, mengaji dan sedekah. Shalawat kepada Nabi Muhammad S.A.W, menyebut Asmaul Husna, bersyukur kepada Allah dan mengakui dosa juga menjadi sebab zhahir. Selain itu, waktu-waktu khusus dan tempat-tempat yang baik untuk berdoa juga akan memudahkan doa kita terkabul seperti doa Nabi Sulaiman dan Ibrahim a.s.

Baca :   Bacaan Doa Sesudah Belajar dan Artinya

Sebab-sebab Batin Terkabulnya Doa Seperti Doa Nabi Ibrahim

Sebab-sebab batin juga sangat menentukan apakah doa itu terkabul seperti doa Nabi Nuh atau tidak. Sebab-sebab batin tersebut diantaranya adalah saat berdoa kita harus menghadirkan hati dan memohon dengan sungguh-sungguh. Harapan yang kuat tetapi tetap berserah diri kepada Allah juga menjadi sebab-sebab batin. Selain itu, saat berdoa kita harus merendahkan diri di haribaan-Nya dan yakin bahwa doa akan terkabul. Terus dan teruslah meminta dengan menyerahkan segala urusan kepada-Nya. Allah akan mengabulkan doa orang yang tidak pernah menyekutukan-Nya dengan apapun.

Baca :   Kumpulan Kata Bijak Kehidupan Terbaru Paling Inspiratif dan Populer

Doa manusia mungkin tidak selalu terkabul. Hal tersebut dapat disebabkan karena manusia tersebut mempersekutukan Allah. Sebab lain doa menjadi tidak terkabul adalah jika kita tergesa-gesa meminta untuk dikabulkan ataupun merasa bosan dan letih dalam berdoa. Bersuara keras, berdoa dengan hati yang lalai dan tidak menggunakan tata karma yang baik juga menjadi penyebab doa tidak terkabulkan, walaupun yang dibaca adalah doa Nabi Nuh.

flava

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*