rapflava.com – Menunaikan sholat fardhu adalah kewajiban seorang Muslim yang sudah baligh. Biasanya, setelah sholat fardhu, Imam akan membaca doa sesudah sholat wajib yang kadang panjang, namun ada juga yang pendek. Sebagai makmum, kita cukup meresapi dan mengaminkannya dalam hati maupun dilafalkan secara ringan. Namun, akan sangat baik jika kita sendiri juga bisa membaca doa setelah sholat wajib. Sehingga setiap kesempatan kita dapat mengamalkannya pun dapat mengajari anak-anak kita nantinya.

Keutamaan Doa Setelah Sholat Wajib

Jika sholat diamalkan sebagai kewajiban seorang hamba kepada Tuhannya, doa sesudah sholat wajib adalah ibadah dimana Allah sendiri memerintahkan hambanya untuk berdoa dan meminta kepadaNya, sehingga Dia akan mengabulkan. Sama halnya doa setelah sholat wajib, doa setelah wajib juga memiliki keutamaan. Sebagai doa, tentu doa adalah hal yang sangat baik. Kedua, selepas sholat wajib merupakan waktu yang sangat berharga dan tepat untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Tuhan, salah satunya dengan memanjatkan doa.

Baca :   Cara Menggemukan Badan dengan Produk Terkenal di Indonesia

Doa sesudah sholat wajib selain mendekatkan diri kita kepada Tuhan juga memberikan kemantapan dan ketenangan hati serta pikiran. Berdoa adalah salah satu media untuk berkomunikasi langsung kepada Tuhan. Doa menunjukkan posisi kita sebagai mahkluk, yang membutuhkan bimbingan, petunjuk dan tuntunan. Dengan doa, langkah kita menjadi semakin terang dan lempang, karena setiap hal yang kita lakukan merupakan upaya kita dalam menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya. Yaitu upaya kita dalam beriman dan bertakwa.

Baca :   Doa Nabi Ibrahim Paling Mustajab Saat Dibakar Oleh Raja Namrud

Doa Sesudah Sholat Wajib, Apa dan Bagaimana?

Doa sehabis sholat fardhu tidak harus panjang dan banyak seperti yang telah secara fasih dilafalkan oleh Iman setelah sholat fardhu. Terpenting, doa sesudah sholat wajib yang diucapkan merupakan doa yang berasal dari Al Quran dan Hadist yang shahih, bukan doa yang dibuat sendiri. Misalnya, mengucapkan Al Fatihah, An-Naas, Al- Falaq, Al- Ikhlas, Tahmid, Takbir, Ayat Kursi dan lain sebagainya. Di luar itu jika Anda ingin memohon hal secara khusus, maka sampaikan dalam bahasa Anda sendiri apa yang menjadi hajat dan kesulitan Anda kepada Tuhan, niscaya Tuhan akan mengabulkan.

Baca :   Ungkapan Kata-Kata Motivasi Tentang Cinta Terbaik

flava

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*