Doa sesudah makan bagi umat Muslim adalah salah satu adab sesuai ajaran Rasulullah SAW untuk para sahabatnya. Dimana doa setelah makan ini merupakan bentuk syukur atas rezeki makanan maupun minuman yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Makanan adalah karunia terbesar yang diberikan Allah SWT, sebab di dalamnya mengandung banyak keberkahan dan manfaat untuk tubuh sekaligus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Belum lagi makanan yang dimakan tersedia dengan beraneka macam rasa, jenis dan bentuk.

Adab maupun doa sesudah makan adalah hal yang begitu esensial untuk kaum Muslim sebab hal tersebut merupakan aktivitas atau rutinitas yang tentunya kita lakukan. Maka dari itu, sebagai orang mukmin dan beriman tentunya diwajibkan untuk dapat memahami semua sunnah yang dilakukan setelah makan, entah itu ketika makan sendirian ataupun ketika makan bersama-sama. Adapun hal tersebut semata diajarkan untuk kebajikan para Muslim itu sendiri.

Baca :   Cara Menggemukan Badan Paling Ampuh dan Aman

Doa Sesudah Makan dan Maknanya

Bacaan doa sesudah makan merupakan salah satu ajaran Allah SWT melalui lisan dari baginda Rasulullah SAW sebagai bentuk rasa syukur terhadap rezeki dari makanan maupun minuman yang sudah diberikan untuk kita. Pasalnya terdapat beberapa versi dari doa sesudah makan yang telah diajarkan Rasulullah, diantaranya dari riwayat HR. Abu Dawud, Abu Ayyub dan Ibnu Hibban dengan isinya yaitu “Segala puji Allah SWT yang sudah memberikan minum, makan serta memudahkannya untuk dapat dicerna dan memberikannya pula jalan keluar.

Baca :   Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai Wanita dan Wafat Dalam Keadaan Islam

Bacaan Doa Setelah Makan dan Artinya

Adapun bacaan doa sehabis makan itu sendiri berbunyi, “Alhamdulillahiladzi ath’amanaa wa saqaana waja’alanaa minal Muslimiin”. Dimana artinya yaitu segala puji kepada Allah SWT yang telah memberikan minum dan makanan serta telah menjadikan kami sebagai pemeluk agama Islam. Manfaat membaca doa sesudah makan yaitu untuk memberkahkan segala makanan yang dimakan supaya tak berdampak buruk untuk kesehatan sekaligus mendapatkan pahala sebab mengikuti sunnah rasul. Terlebih lagi jika kita membaca doa sebelum makan, dengan begitu setan pun tidak turut memakan apa yang dimakan.

Baca :   Intisari Doa Nabi Adam dan Siti Hawa Terkabulkan

flava

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*