SHARE

Doa sesudah belajar dan maknanya. Kewajiban dalam menuntut ilmu untuk seorang Muslim telah ditegaskan oleh Allah dalam ayat suci Al-Quran dan juga hadist. Sebagai Muslim yang beriman dan taat memang sudah seharusnya untuk mempelajari tentang ajaran agama Islam, hukum fiqih serta yang lainnya. Selain itu, saat kita hendak belajar dan sesudahnya tentu tak lupa untuk mengucapkan doa sebelum dan sesudah belajar. Dengan begitu kita berharap apa yang diajarkan bisa mendapatkan keberkahan.

Mengamalkan Doa Sesudah Belajar

Saat belajar, hal yang paling penting yang dianjurkan yaitu mengucapkan doa sebelum belajar. Berdoa sebelum menuntut ilmu atau belajar, tentu memohon kepada Allah SWT agar mendapatkan ilmu untuk menambah wawasan beserta memohon agar mendapatkan pemahaman tentang apa yang dipelajari. Sebab dengan belajar, yang awalnya kita tidak mengetahui apa-apa setelah belajar maka kita pun bisa mengetahui segala sesuatu. Adapun Sesudahnya tidak lupa untuk mengucapkan doa sesudah belajar.

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Bacaan doa yang diucapkan sebelum belajar, dilafadzkan dalam bahasa latin yaitu “Allahummalhmnii ‘ilmaa a’rifu bihii awaamiroka wa’rifu bihii nawaa hiyaka warzunii allahumma balaghota fahmi nabiyyiina wafshoohati hifdhilmursaliina wasur’ati ilhaamilmalaaikati ilmuqorrobiina waakjrimnii. Allahumma binuuril’ilmi wasur’atilfahmi waakhrijni min dzulumaatilwahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa’alimnii asroro hikhmatika yaa robbal’alamiin.” Yang artinya yaitu meminta kepada Allah untuk mengilhami diri kita ilmu sebagai alat agar bisa mengetahui segala perintah Allah SWT. Serta memohon agar Allah memberikan pemahaman kepada kita.

Dibandingkan bacaan doa yang diucapkan sebelum belajar di atas, bacaan doa sesudah belajar lebih pendek. Bunyi bacaan doa ketika sesudah belajar yaitu “Allahumma arinal haqqa warzuqnaa attibaa’ahu. Wa arinaalbaathillaa warzuqnaajtinaabahu.” Adapun artinya yaitu “Ya Allah, sebenarnya ku telah titipkan kepada-Mu tentang apa yang sudah Kau ajarkan untukku, dengan begitu kembalikanlah kepadaku saat aku memerlukannya. Serta janganlah Kau menjadikanku lupa kepadanya, wahai Allah Tuhan pemelihara alam.”

Insha Allah jika kita mengamalkan doa baik sebelum maupun sesudah belajar, tentu kita akan diberkahi pemahaman dan daya tangkap yang kuat. Sehingga segala sesuatu pelajaran yang diajarkan pun lebih mudah untuk dikuasai. Semoga ulasan doa sebelum dan doa sesudah belajar di atas bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY