rapflava.com -Menuntut ilmu yang bermanfaat adalah kewajiban dan kebutuhan manusia. Dengan ilmu maka manusia memperoleh pengetahuan untuk membaca tanda-tanda alam, mengatasi masalah-masalahnya serta menjalani kehidupan dengan lebih mudah. Menuntut ilmu butuh berkali-kali proses belajar. Agar proses kita dalam memahami ilmu dimudahkan, iringilah dengan doa sebelum belajar yang dicontohkan oleh Rasulullah. Selain membantu kita untuk lebih berkonsentrasi, itu adalah upaya kita menyiapkan diri untuk proses belajar yang baik.

Arti dan Makna Doa Sebelum Belajar

Doa mau belajar memiliki makna yang sangat dalam. Lafal doa tersebut adalah “Rodittubillahi Robba, wabil Islami dina, Wabim Muhammadin nabiyya wa Rosulla, Robbi Zidnii ilmaan, warzuqnii fahmaan”. Arti doa diatas, adalah “kami Ridho Allah sebagai Tuhan kami, Islam sebagai Agama kami dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul kami. Ya Allah, tambahkan pada kami ilmu dan beri kami pemahaman”. Doa sebelum belajar tersebut tidak hanya meminta tambahan ilmu dan pemahaman, tetapi juga keridhoan kepada Tuhan, agama dan Nabi.

Baca :   Kumpulan Mutiara Kata Cinta Terbaik

Berdoa Sebelum Belajar, Kenapa Penting?

Doa niat belajar penting untuk diamalkan, bukan saja sebagai ritual ibadah dalam mengikuti kebiasaan Nabi, namun doa sebelum belajar merupakan upaya untuk menempatkan ilmu dan proses pencarian ilmu sebagai bagian dari beribadah.  Belajar adalah upaya mencari ilmu pengetahuan baru. Belajar tidak terlepas dari ibadah dan sebaiknya diniatkan sebagai ibadah, dan dilakukan semata-mata karena Tuhan. Ilmu dan proses belajar yang tidak terpisah dari ibadah akan menghasilkan proses yang baik, ilmu yang bermanfaat dan kebaikan-kebaikan bagi alam semesta dan umat manusia.

Baca :   Bagaimana Caranya Doa Nabi Sulaiman Menundukan Binatang?

Doa sebelum belajar merupakan salah satu contoh bahwa kehidupan kita, upaya manusia menimba ilmu, menemukan pengetahuan baru dan kebijaksanaan semua itu adalah ibadah. Tujuan belajar kemudian bukan kesenangan diri, kesuksesan pribadi atau kepentingan individu-individu semata. Ilmu yang didapatkan pun adalah ilmu yang baik, yang wajib diamalkan untuk kemaslahatan seluruh umat manusia. Dengan demikian manusia mampu menunaikan tujuan keberadaannya di dunia yang paling hakiki, yaitu menjadi hamba Tuhan yang menebarkan kebaikan dan kemanfaatan.

Baca :   Doa Nabi Musa Paling Mujarab Untuk Segala Urusan

flava

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*